Ahmad samsi

Mencerdaskan anak bangsa...

Selengkapnya
Navigasi Web

Saya di jaman pedagogi digital

Dunia edukasi berbadis digital yang berkembang pesat ini memainkan peran aktif seorang guru dalam mencermati, mendesain perangkat pembelajaran dengan mengikuti secara aktif pola perkembangan teknologi dan komunikasi (TIK) di abad ke-21 begitu pesat dan cepat sehingga hal ini menciptakan tantangan-tantangan baru dalam proses pembelajaran di kelas. hal ini Menurut Permendikbud nomor 16/2017 tentang Standar kualifikasi guru dan kompetensi guru dan UU Nomor 15/2005 tentang Guru dan Dosen maka kompetensi guru meliputi aspek pedagogik,kepribadian, sosial dan kompetensi profesional . Hal ini terintegrasi dalam kompetensi guru yang mesti memahami kompetensi dan karakter siswa di era digital dan ICT skills.

Era digital saat ini, proses digitalisasi sebagai langkah mutlak yang ditemukan guru. Hal ini sudah prediksi bahwa Guru perlu mengatasi kompetensi pedagogik digital di era abad 21 ini. Abad 21 ditandai dengan kemajuan teknologi digital. Abad 21 disetujui para pakar telah ditempatkan pada industri 4.0. Abad 21 ditandai pula dengan kehadiran media-media baru yang belum pernah ada pada abad sebelumnya. Dengan gambaraan ini, guru harus cepat menyesuaikan. Guru harus segera meng-update ilmu digital untuk diterapkan dalam pembelajaran di kelas.

Kemampuan penguasaan digital dalam tugas profesi seorang guru menjadi inspirasi bagi siswa di kelas. Hal ini pun bagi seorang guru harus menyediakan metode pembelajaran yang berkualitas dengan pendekatan digital.

Pedagogi digital sudah menjadi kewajiban seorang guru dalam melaksanakan tugas Pembelajaran. Karena jangan sampai ketinggalan jaman dalam ruang pengetahuan anak anak.

Di era digitalisasi saat ini, guru begitu antusias mengabdate berbagai revisi pola pembelajaran, hal ini menunjukkan adanya upaya memajukan sumber daya, karena dalam pada sisi yang lain selain dibekali pengetahuan harus dilengkapi dengan kecerdasan literasi digital.

Sehingga tidak salah dalam kondisi proses pembelajaran saat ini dengan metode sistem pembelajaran dari (Spada) bahwa semua materi yang yang disampaikan oleh guru harus disampaikan lewat berbasis daring, anak anak pun berkewajiban untuk mempelajari.

Namun kenyataannya masih banyak guru yang begitu terlarut keasyikan dunia digital hanya seputar facebook namun tidak memanfaatkan secara baik dalam mendorong kompetisi dalam keprofesian guru, maka tatkala ini melanda bagi guru maka sudah seharusnya seorang guru sadar akan perubahan jaman.

Mencerdaskan kehidupan bangsa adalah misi kemanusiaan dalam pundak guru.

By. Ahmad samsi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post